DIFUSI INOVASI PELAYANAN SKCK ONLINE DAN SKCK KELILING ONLINE DI POLRESTA SIDOARJO
Daftar Isi:
- Pelayanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online merupakan pelayanan publik berbasis IT di Polresta Sidoarjo. Pelayanan tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan bukti telah diraihnya berbagai prestasi dan penghargaan bagi Polresta Sidoarjo. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan atau menggambarkan proses difusi inovasi pelayanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online di Polresta Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, studi dokumen, dan wawancara mendalam dengan informan. Penentuan informan ditentukan dengan cara purposive sampling, yaitu pihak-pihak yang dianggap mengetahui lebih dalam mengenai inovasi pelayanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Selanjutnya, teknik analisis data, yaitu dengan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses difusi inovasi pelayanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online di Polresta Sidoarjo berlangsung dalam beberapa tahap, yaitu 1) Inovasi Pelayanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online, 2) Saluran Komunikasi Pelayanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online, 3) Jangka Waktu Pelayanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online, dan 4) Sistem Sosial Pelayanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online. Pada elemen saluran komunikasi pelayanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online masih belum terlaksana dengan maksimal. Polresta Sidoarjo telah menyalurkan informasi terkait adanya pelayanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online kepada masyarakat, namun masyarakat tidak dapat menyerap informasi tersebut dengan baik.