EFEKTIVITAS LOGOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI REMAJA DI UPTD KAMPUNG ANAK NEGERI SURABAYA
Main Author: | ELLYANA DWI FARISANDY, 111714153028 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/90370/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/90370/2/daftar%20isi.pdf http://repository.unair.ac.id/90370/3/daftar%20pustaka.pdf http://repository.unair.ac.id/90370/4/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/90370/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas logoterapi untuk meningkatkan konsep diri remaja. Penelitian ini menggunakan metode true experiment yakni pretest-posttest control group design dimana terdapat dua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen akan diberikan intervensi sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan intervensi. Populasi penelitian ini adalah 20 remaja laki-laki yang terdiri dari anak terlantar, anak nakal, dan juga anak jalanan. Partisipan penelitian merupakan delapan remaja laki-laki (Musia= 14.75 tahun, SD= 0.88) yang memiliki konsep diri rendah. Pengumpulan data sebelum dan sesudah intervensi baik pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan alat ukur Adolescents Self Concept Short Scale (ASCSS) yang dikembangkan oleh Veige dan Leite (2016) (30 aitem, α= 0.889). Intervensi yang diberikan adalah delapan sesi intervensi logoterapi menggunakan MCP (Meaning Centered Psychotherapy) yang diadaptasi dari William S. Breitbart (Breitbart, 2016).