EFEKTIVITAS BEHAVIOR ART PROGRAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL (KOMUNIKASI VERBAL, INTERAKSI SOSIAL, DAN KONTAK MATA) PADA ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD)
Main Author: | NIKEN WORO INDRIASTUTI, 111714153015 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/90348/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/90348/2/daftar%20isi.pdf http://repository.unair.ac.id/90348/3/daftar%20pustaka.pdf http://repository.unair.ac.id/90348/4/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/90348/ |
Daftar Isi:
- Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan gangguan perkembangan perpasif pada anak yang ditandai dengan adanya permasalahan pada komunikasi verbal maupun non verbal, kontak mata, interaksi sosial, dan adanya minat serta perilaku terbatas dan/atau berulang, yang terjadi sebelum ana berusia 3 tahun. Pada anak dengan ASD, permasalahan tersebut mempengaruhi keterampilan sosial mereka. Keterampilan sosial merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk dapat berinteraksi di lingkungan baik, secara verbal maupun nonverbal, di mana kemampuan tersebut dapat dipelajari dari teman sebaya, orang tua, maupun lingkungan serta memberikan manfaat kepada diri sendiri dan orang lain. Adapun metode yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak dengan ASD adalah metode behavioral art program. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas behavioral art program untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak dengan ASD. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen multiple probe design. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 orang anak dengan autisme yang berada di level 3. Penelitian ini terdiri dari 17 sesi intervensi dan dilakukan selama 9 minggu pertemuan. Penelitian ini menggunakan lembar observasi masing-masing target perilaku. Hasil penelitian menggunaan visual inspection menunjukkan bahwa ada kenaikan skor keterampilan sosial pada subjek penelitian sebelum dan sesudah pemberian intervensi. Hasil penghitungan effect size menunjukkan bahwa behavioral art program memiliki tingkat efektifitas yang tinggi untuk ketiga subjek. Dengan demikian maka menunjukkan bahwa behavioral art program efektif meningkatkan keterampilan sosial anak dengan ASD.