SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN PT. KENZIE ABIAH WISESA SURABAYA
Main Author: | IRVANDY HANDOYO, 151611513019 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/90168/1/FV.SI.11-19%20Han%20s%20abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/90168/2/FV.SI.11-19%20Han%20s%20daftar%20isi.pdf http://repository.unair.ac.id/90168/3/FV.SI.11-19%20Han%20s%20daftar%20pustaka.pdf http://repository.unair.ac.id/90168/4/FV.SI.11-19%20Han%20s.pdf http://repository.unair.ac.id/90168/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Tujuan dari pembuatan Tugas Akhir Sistem Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan PT. Kenzie Abiah Wisesa Surabaya adalah untuk dapat mempermudah pegawai perusahaan untuk melakukan kegiatan pelayanan jasa pengiriman menjadi lebih efektif dan efisien. Saat ini, kondisi PT. Kenzie Abiah Wisesa Surabaya dalam penerapan teknologi informasi dirasa sangat kurang untuk melakukan pelayanan jasa pemesanan pelanggan. Karena itu dibutuhkan Sistem Informasi Pelayanan pegawai agar pelayanan dapat berjalan dengan cepat dan tepat. Sistem ini menangani tiga proses utama yaitu proses pendaftaran pelanggan, proses pemesanan pelanggan, dan proses pembayaran pelanggan. Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan PT. Kenzie Abiah Wisesa Surabaya dibangun melalui lima tahap. Tahap pertama yang dilakukan adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan cara wawancara. Tahap kedua yang dilakukan adalah menganalisis permasalahan proses kerja sistem saat ini dengan membuat Document Flow Diagram (Docflow) dan Fishbone Diagram. Tahap ketiga yang dilakukan adalah mendesain User Interface (UI) sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan Diagram Jenjang yang mempunyai empat proses utama, dan Data Flow Diagram (DFD). Sedangkan desain database digambarkan dengan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 15 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang menghasilkan 15 tabel. Berdasarkan desain tersebut kemudian dilanjutkan dengan mendesain form input dan output. Tahap keempat yang dilakukan adalah menggambarkan sistem dengan Bagan Alir, serta mengimplementasikan desain tersebut ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir yang dilakukan adalah melakukan uji coba sistem. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada proses bisnis pada PT. Kenzie Abiah Wisesa Surabaya yaitu dapat menangani bebarapa proses bisnis yang ada secara efektif dan efisien yang dapat menampilkan laporan sesuai dengan kebutuhan.