Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara religiusitas terhadap intensi membeli kosmetik berlabel halal. Faktor yang mempengaruhi intensi membeli menurut Theory of Planned Behavior adalah sikap terhadap perilaku, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku. Religiusitas adalah tingkat konsepsi dan komitmen seseorang terhadap agamanya (Glock & Stark, 1985) sedangkan intensi membeli adalah indikasi seberapa kuat keyakinan seseorang untuk mencoba suatu perilaku dan mengupayakan perilaku tersebut (Ajzen, 2005). Penelitian dilakukan pada 183 wanita muslim yang bertempat tinggal di Surabaya. Teknik pengumpulan data penelitian adalah survei dengan menggunakan kuesioner, dimana skala religiusitas diadaptasi dari skala yang disusun oleh Rehman & Shabbir (2010) sedangkan intensitas membeli menggunakan diadaptasi dari skala yang disusun oleh Rahmantika (2018). Setelah melalui uji validitas dan reliabilitas, skala religiusitas berjumlah 20 aitem (α = 0,788) dan skala intensi membeli berjumlah 9 aitem (α = 0,746). Kuesioner disebarkan secara online. Analisis data dilakukan dengan uji Spearman’s Rho menggunakan IBM SPSS Statistics 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, terdapat hubungan antara religiusitas dengan intensi membeli kosmetik berlabel halal (ρ = 0,00; r = 0,260).