Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas Individual Work System siswa dengan Autism Spectrum Disorder (ASD), Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan individual work system pada siswa dengan ASD untuk meningkatkan kemandirian penyelesaian tugas. Diagnosis autistik dapat ditegakkan jika anak memiliki hambatan di tiga area yaitu interaksi sosial, komunikasi, perilaku repetitif dan minat terbatas. Kurangnya kemandirian pada anak ASD terlihat pada seringkali guru membantu atau mengarahkan anak ASD untuk dalam menyelesaikan tugas. Individual work systems mengembangkan kemandirian dengan cara mengorganisasikan tugas dan aktivitas yang dapat dipahami oleh individu dengan ASD. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimen dengan jenis single subjekct design pada dua orang subjek yang telah didiagnosa mild autism, berusia sekolah dasar, mempunyai permasalahan dalam menyelesaiakan tugas dan telah mampu mengikuti perintah sederhana. Alat pengumpul data menggunakan observasi yang menilai on-task bevavior, task completion, dan teacher prompting. Hasil analisis data yang diperoleh, data pengamatan menggunakan presentase mean menunjukkan peningkatan on-task behavior, peningkatan task completion, dan pengurangan teacher prompting. Data analisis visual menunjukkan perubahan pada masing-masing subjek.