EFEKTIVITAS PELATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA REMAJA KORBAN BULLYING DI PANTI ASUHAN
Main Author: | DENIA MARTINI MACHDAN, S.Psi., 111414153008 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/88849/1/T.Psi.51-19%20Mac%20e%20abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/88849/2/T.Psi.51-19%20Mac%20e%20daftar%20isi.pdf http://repository.unair.ac.id/88849/3/T.Psi.51-19%20Mac%20e%20daftar%20pustaka.pdf http://repository.unair.ac.id/88849/4/T.Psi.51-19%20Mac%20e.pdf http://repository.unair.ac.id/88849/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa individu yang menjadi korban bullying rentan mengalami depresi, rendah diri, kesulitan dalam hubungan interpersonal di masa dewasa dan juga rentan dalam melakukan percobaan bunuh diri (Sandri, 2015). Penelitian lain mengungkapkan bahwa karakter yang selalu dijadikan korban bullying adalah mereka yang tidak asertif dan memiliki self esteem yang rendah (Rigby, 2017). Salah satu faktor yang menyebabkan individu memiliki self esteem rendah adalah adanya hubungan yang tidak dekat dengan keluarga. Anak yang tinggal di panti asuhan adalah mereka yang tinggal terpisah dengan keluarga. Keadaan ini tidak jarang menyebabkan mereka memiliki self esteem yang rendah (Asif, 2017) dan rentan menjadi korban, sehingga perlu adanya intervensi yang dapat meningkatkan self esteem mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan asertif dalam meningkatkan self esteem pada remaja korban bullying yang tinggal di panti asuhan. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah single group pretest-posttest. Kriteria subjek dalam penelitian ini adalah remaja berusia 13-18 tahun, korban bullying dan memiliki skor self esteem pada kategori sedang dan rendah. Subjek penelitian adalah anak asuh panti asuhan Aisyiyah 2 Surabaya yang berjumlah 6 orang. Instrumen yang digunakan adalah Rosenberg Self Esteem Scale yang di gunakan untuk mengukur self esteem sebelum dan sesudah diberikan pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan rerata skor self esteem antara sebelum dan sesudah pelatihan diberikan. Nilai sig. (2-tailed) yang didapat adalah 0.041 (< 0.05) yang berarti bahwa pelatihan asertif dapat meningkatkan self esteem pada remaja korban bullying di panti asuhan Surabaya.