“Pengaruh Kualitas Argumen dan Kredibilitas Sumber terhadap Adopsi Informasi dengan Kegunaan Informasi sebagai Pemediasi pada Grup Online Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Airlangga Surabaya”
Main Author: | Yuniarti Lestari, 071411631051 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/88489/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/88489/2/DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unair.ac.id/88489/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unair.ac.id/88489/4/FIS%20IIP%2079%2019%20Les%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/88489/5/JURNAL%20YUNIARTI%20L_071411631051.pdf http://repository.unair.ac.id/88489/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penyebaran berita hoax saat ini sudah sangat mengkhawatirkan masyarakat Indonesia. Berita-berita tidak benar tersebut banyak disebarkan melalui media sosial maupun grup-grup online di berbagai aplikasi pesan instant. Bahkan banyak konten hoax yang diterima maupun dibagikan oleh seseorang berstatus mahasiswa. Hal tersebut membuktikan bahwa penerimaan informasi mahasiswa saat ini masih belum sempurna. Serta kemampuan mereka mengevaluasi suatu informasi sebelum mengadopsinya masih belum cukup baik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas argumen dan kredibilitas sumber terhadap adopsi informasi ditambah dengan adanya variabel mediasi antara hubungan tersebut, yaitu kegunaan informasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden, yakni mahasiswa anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Airlangga Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis path analysis (analisis jalur) karena memiliki hubungan yang kompleks dan terdapat variabel intervening didalamnya. Pengolahan data juga dibantu dengan program komputer SPSS dan SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini ialah seluruh jalur dinyatakan berpengaruh secara signifikan. Variabel kualitas argumen (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kegunaan informasi (Z) dengan nilai t-statistik 4,315. Selanjutnya, variabel kredibilitas sumber (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel kegunaan informasi (Z) dengan nilai t-statistik sebesar 6,832. Kemudian, variabel kegunaan informasi (Z) juga berpengaruh secara signifikan terhadap adopsi informasi (Y) dengan t-statistik 3,233. Selanjutnya variabel kualitas argumen (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel adopsi informasi (Y) dengan nilai t-statistik sebesar 4,695. Terakhir variabel kredibilitas sumber (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel adopsi informasi (Y2) dengan nilai t-statistik sebesar 2,475. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa, adanya varibel intervening yaitu kegunaan informasi (Z), mampu memediasi hubungan kualitas argumen dan kredibilitas sumber dengan adopsi informasi. Hal tersebut terbukti dari nilai t-statistik pengaruh tidak langsung variabel kualitas informasi (X1) sebesar 2,564 dan kredibilitas sumber (X2) sebesar 2.863.