PENGARUH TINGKAT KESADARAN PRIVASI TERHADAP PERILAKU PERLINDUNGAN INFORMASI PRIBADI (Studi Kuantitatif Eksplanatif Uji Model Antecedents - Privacy Concerns - Outcomes (APCO) di Media Sosial oleh Mahasiswa Universitas Airlangga)

Main Author: Dewi Soraya, 071511633015
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/88453/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/88453/2/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unair.ac.id/88453/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unair.ac.id/88453/4/FIS%20IIP%2053%2019%20Sor%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/88453/5/JURNAL_Dewi%20Soraya_Nim_071511633015.pdf
http://repository.unair.ac.id/88453/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Privasi saat ini menjadi topic yang sudah tidak asing lagi, dikarenakan telah banyak terjadi masalah-masalah terhadapnya, khususnya ketika teknologi informasi dan internet semakin berkembang, termasuk media sosial. Sasarannyapun bisa mengenai siapa saja, termasuk juga mahasiswa sebagai mayoritas pengguna internet saat ini. Menghadapi fakta tersebut, saat ini telah gencar aktivitas yang dilakukan oleh pengguna media sosial untuk melindungi privasi mereka di media sosial. Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa terjadinya masalah-masalah terhadap privasi seseorang tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari kesadaran privasi, perhatian individu, risiko, hingga kepercayaan pengguna. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk membuktikan apakah benar faktor-faktor yang disebutkan memberikan pengaruh terhadap sikap perlindungan yang dilakukan oleh pengguna media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eskplanatif. Penelitian ini dilakukan di Universitas Airlangga dengan menggunakan 118 mahasiswa sebagai responden, yang didapatkan dengan teknik random sampling multistage. Menggunakan Amos 22, hasil menunjukkan tidak terdapatnya pengaruh antecedents atau kesadaran privasi terhadap perhatian informasi pribadi seseorang (0.372 > 0.10), tidak terdapat pengaruh perhatian informasi pribadi terhadap perilaku perlindungan informasi pribadi (0.654 > 0.10). Selain itu, terdapat pengaruh dari risiko terhadap kepercayaan seseorang (0.029 < 0.10), namun kepercayaan tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku perlindungan informasi pribadi seseorang (0.857 > 0.10). Selain dari seluruh hasil tersebut, pengujian pada Amos 22 juga menunjukkan bahwa gender berpengaruh signifikan terhadap perhatian privasi di media sosial, yang ditunjukkan dengan p-value 0.09 < 0.10. Sedangkan usia tidak berpengaruh, yang ditunjukkan dengan p-value 0.141 > 0.10.