KLASIFIKASI DEALER DAN TACTICAL MARKETING PADA PT HINO FINANCE INDONESIA
Main Author: | WISNU BAYU AJI, 041724353047 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/88426/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/88426/2/daftar%20isi.pdf http://repository.unair.ac.id/88426/3/daftar%20pustaka.pdf http://repository.unair.ac.id/88426/4/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/88426/ |
Daftar Isi:
- PT Hino Finance Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan yang juga merupakan Captive Finance dari PT Hino Motor Sales Indonesia. Selama periode tahun 2015-2017 lalu, PT Hino Finance Indonesia selalu tidak mencapai target yang telah ditetapkan oleh manajemen perusahaan. Strategi pemasaran yang dilakukan PT Hino Finance Indonesia masih kurang efektif untuk bersaing di pasar pembiayaan Hino saat ini. Strategi bauran pemasaran yang dilakukan tidak terfokus pada dealer-dealer yang berkontribusi baik terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan dealer-dealer mana saja yang memiliki kontribusi penjualan dan performa non-performing loan (NPL) yang baik bagi PT Hino Finance Indonesia. Tujuan selanjutnya adalah bahwa hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif strategi bagi manajemen perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan wawancara langsung menggunakan variabel bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh Perusahaan hingga saat ini. Informan dari penelitian ini adalah sales manager dealer Hino dan marketing manager PT Hino Finance Indonesia. Dari hasil wawancara tersebut dilakukan analisis cluster dengan menggunakan metode Ward & K-Means Cluster dalam menentukan dealer-dealer mana saja yang dapat diberikan strategi bauran pemasaran 4P (Product, Price, Promotion, Place) sesuai dengan performanya