Daftar Isi:
  • Penelitian ini tentang studi marketing politik dalam strategi pemenangan politik calon terpilih yang berlatar belakang pengusaha pada pemilihan legislatif tahun 2014 di Kabupaten Sidoarjo. Fenomena maraknya pengusaha yang masuk ke dalam politik yang mendasari penelitian ini dilakukan. Fenomena tersebut tidak hanya terjadi di kancah politik nasional tetapi hingga kontestasi politik ditingkat daerah. Kabupaten Sidoarjo di pimpin Bupati Saiful Ilah selama dua periode yang mana memiliki latar belakang sebagai pengusaha. Kontestasi politik yang melibatkan pengusaha di dalamnya tidak hanya terjadi pada lembaga eksekutif tetapi juga hingga ke lembaga legislatif. Wajah beberapa anggota parlemen di Kabupaten Sidoarjo diisi oleh orang-orang yang memiliki latar belakang pengusaha. Teori yang digunakan menganalisis penelitian ini yaitu teori marketing politik. Teori marketing politik merupakan penerapan konsep dan metode marketing ke dalam ranah politik. Anggota legislatif yang berlatar belakang pengusaha ini memiliki pengalaman dalam mengelola usaha sehingga mereka mengerti bagaimana penerapan konsep dan metode dari marketing. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Metode kualitatif-deskriptif menjelaskan strategi pemenangan politik secara rinci yang sesuai dengan temuan data dijelaskan secara sistematik dan terstruktur. Hasil penelitian ini pengusaha yang memiliki potensi menjadi subjek utama partai politik untuk dicalonkan sebagai calon legislatif menghadapi kontestasi politik di Kabupaten Sidoarjo.