PENGARUH ENVIRONMENTAL CONCERN DAN HEALTH CONSCIOUSNESS TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN MENGGUNAKAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR
Main Author: | ACHMAD ASSIFA JANUAR, 041211233159 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/87685/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/87685/2/DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unair.ac.id/87685/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unair.ac.id/87685/4/B%20279-19%20Jan%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/87685/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Indonesia merupakan negara yang potensial dalam mengembangkan pasar dan lahan produktif untuk produk pangan organik. Berdasarkan data yang dihimpun Aliansi Organis Indonesia (AOI) menunjukkan terjadi peningkatan penawaran terhadap pasar pangan organik pada 8 tahun terakhir. Hal ini ditunjukkan berkembangnya lahan produsen pangan organik pada tahun 2015 menjadi seluas 261.147, 30 Ha. Dari segi konsumsi, masyarakat menengah Indonesia mulai menyadari pentingnya mengonsumsi produk pangan organik seiring dengan berkembangnya tren menggunakan green product dan paparan informasi mengenai kondisi lingkungan terkini. Penelitian ini bertujuan untuk menelisik bagaimana niat pembelian produk pangan organik terbentuk pada konsumen dengan menggunakan pendekatan extended theory of planned behaviour yang melibatkan variabel environmental concern dan health consciousness. Responden pada penelitian ini adalah konsumen produk pangan organik yang tersebar di empat kota yaitu kota Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menguji beberapa hipotesis dengan menggunakan analisis PLS-SEM (Partial Least Square- Structural Equation Modelling). Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuisioner secara offline dan online pada jangka waktu yang telah ditentukan kepada anggota komunitas organik Indonesia dan konsumen yang berada di tempat penjualan produk organik yang telah dipilih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penentu niat pembelian produk pangan organik di Indonesia masih didominasi motif egoistik, yaitu health consciousness daripada motif altruistik seperti environmental concern. Dengan demikian, penelitian ini mengonfirmasi pada penelitian sebelumnya bahwa niat pembelian produk pangan organik di negara berkembang seperti belum tentu berdasarkan kedua motif tersebut.