PRAKTIK BRANDING DESA PANGKAH WETAN KECAMATAN UJUNGPANGKAH KABUPATEN GRESIK
Main Author: | Diva Nazera Aliffani, 071511433039 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/87561/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/87561/2/DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unair.ac.id/87561/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unair.ac.id/87561/4/FIS%20S%2059%2019%20Ali%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/87561/5/JURNAL_DIVA%20NAZERA%20ALIFFANI_071511433072.PDF.pdf http://repository.unair.ac.id/87561/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Desa merupakan unit pemerintahan terkecil yang telah memiliki otonom untuk mengelolah sumber daya yang dimilikinya secara mandiri. Untuk itu desa membutuhkan strategi branding supaya desa mendapatkan perhatian investor atau masyarakat luar untuk melakukan perjalanan, atau membelanjakan uangnya di daerah tersebut. Dasar pemikiran branding tempat adalah ketika sebuah tempat bernama/diberi nama dan dimaknai oleh beberapa kelompok tertentu , yang kemudian disalurkan, sehingga menjadi ‘invok’ pada pemikiran individu Penelitian ini menggunakan data-data kualitatif dengan pendekatan interaksionisme dimbolik, menggunakan analisis teori interaksionisme simbolik dari Georg H Mead, Branding, Place Branding, dan teori pendukung lainnya. Metode pengumpulan informan dilakukan secara purposive, dan didapatkan lima belas informan subjek serta dua informan pendukung. Hasil dari penelitian ini adalah Desa Pangkah Wetan ingin mwnciptakansebuah makna dan Citra positif desa berupa desa yang mandiri dan kaya akan kekayaan bahari, dengan mengembangkan ekowisata MBS (Muara Bengawan Solo) dan berbagai macam even yang identic dengan karakteristik mereka. Dalam praktik brandingnya. Desa Pngkah Wetan melakukan kerangka kerja berupa komunikasi primer, komunikasi sekunder, dan komunikasi tersier dengan baik, dan menghasilkan kemungkinan mencapai branding pada level Loyal.