PENGARUH CONTENT FORMAT DAN MESSAGE APPEAL TERHADAP ATTITUDE TOWARD ADVERTISING DAN SWIPE-UP INTENTION IKLAN PRODUK FASHION PADA INSTAGRAM STORY

Main Author: GALIH PRAKOSA HANDONO WARIH, 041511233231
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/87482/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/87482/2/DAFTAR%20ISI%20.pdf
http://repository.unair.ac.id/87482/3/DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf
http://repository.unair.ac.id/87482/4/B%20241-19%20War%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/87482/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Popularitas Instagram membuat pemasar memanfaatkannya untuk memasarkan atau mempromosikan produk dan brand mereka. Promosi yang dilakukan melalui Instagram dapat ditampilkan menggunakan fitur iklan berbayar yang tersedia. Ada dua aspek penting yang harus diperhatikan oleh pemasar dalam memilih strategi periklanan agar menghasilkan promosi produk yang efektif, yaitu format iklan dan pendekatan pesan apa yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas iklan yang dipersepsikan dengan sikap terhadap iklan dan niat swipe-up yang dipengaruhi oleh pemilihan format iklan dan pendekatan pesan yang berbeda. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 format iklan (video vs foto) x 2 pendekatan pesan (emosional vs rasional) dan partisipan penelitian ini adalah 160 mahasiswa. Stimuli yang digunakan dalam penelitian ini memuat empat iklan produk fashion yang ditayangkan pada Instagram Story dengan kombinasi format iklan dan pendekatan pesan yang berbeda. Partisipan diminta untuk mengamati salah satu dari empat iklan secara acak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik analisis MANOVA dan Regresi memanfaatkan program SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan format iklan dan pendekatan pesan yang berbeda menghasilkan efek yang berbeda pula terhadap sikap terhadap iklan dan niat swipe-up, khususnya pada iklan produk fashion yang ditampilkan pada Instagram Story.