PARENTAL MEDIATION PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG KECANDUAN GAWAI
Main Author: | DIAR NOVI PRISANTI, 111411131083 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/87437/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/87437/2/daftar%20isi.pdf http://repository.unair.ac.id/87437/3/daftar%20pustaka.pdf http://repository.unair.ac.id/87437/4/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/87437/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran parental mediation pada anak usia prasekolah yang kecanduan gawai. Parental mediation merupakan perilaku dan strategi orangtua yang digunakan untuk mengatur penggunaan media digital pada anak-anak guna untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir dampak negatifnya (Nathanson, 1999, dalam Livingstone & Helsper, 2008). Penelitian ini melibatkan tiga subjek, yaitu orangtua dari anak usia prasekolah kecanduan gawai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis tematik teori driven. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek telah berusaha menerapkan parental mediation dengan baik. Active mediation, ketiga subjek menanyakan pada anak serta mengajak anak bercerita terkait aktivitas yang dilakukan selama bermain gawai. Restrictive mediation, dalam menerapkannya seringkali ketiga subjek tidak konsisten. Co-use mediation, ketiga subjek berusaha terlibat langsung dalam mengawasi dan mendampingi anak saat bermain gawai dengan mengajak anak bermain gawai bersama