Daftar Isi:
  • Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Untuk dapat melaksanakan tugas tersebut dibutuhkan guru profesional yang memiliki etos kerja atau kinerja yang tinggi. Kinerja yang tinggi dapat diperoleh jika guru tersebut mempunyai motivasi yang tinggi serta kepuasan para guru tersebut terpenuhi. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran umum tentang pengaruh kepuasan kerja dan motivasi secara simultan maupun parsial terhadap kinerja guru. Responden penelitian adalah semua guru di SDN IX/215 Kertajaya Kota Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan menyebarkan kuesioner. Model analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa secara parsial kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru, di sisi lain motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Secara simultan kepuasan kerja dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.