Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi terhadap perilaku inovatif pada karyawan perusahaan e-commerce. Perilaku inovatif (Kleysen & Street, 2001) merupakan semua tindakan individu untuk menghasilkan, mengenalkan dan/atau menerapkan ide yang berguna bagi setiap level organisasi. Iklim organisasi (Patterson dkk., 2005) menunjukkan persepsi karyawan pada aturan organisasinya dan prosedur serta pola interaksi lanjutannya dan juga perilaku yang mendukung kreativitas dan inovasi. Teori ini didasarkan pada the competing values model yang membagi iklim organisasi menjadi 4 kuadran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei untuk pengambilan data dan mendapatkan 178 responden. Perilaku inovatif diukur menggunakan skala Individual Innovative Behavior dari Kleysen & Street (2001), sedangkan iklim organisasi diukur menggunakan skala Organizational Climate Measure dari Patterson dkk. (2005). Setelah dilakukan uji regresi, hasilnya menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 0,003 pada kuadran open system. Sedangkan pada kuadran rational goal tidak berpengaruh signifikan dengan nilai sebesar 0,394.