Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara academic hardiness dengan academic flow pada Mahasiswa. Academic Hardiness adalah konsep ketangguhan atau daya tahan ketika menghadapi kesulitan dalam akademik, mencakup tiga komponen yaitu: control, challenge, dan commitment (Benishek & Lopez, 2001; (Benishek dkk., 2005). Csikszentmihaly (1997) mendefinisikan flow sebagai suatu kondisi saat individu terlibat aktif pada kegiatannya. Flow adalah suatu state atau kondisi ketika individu dapat berkonsentrasi penuh terhadap apa yang dilakukannya. Ketika individu merasa nyaman dengan apa yang sedang dikerjakan, berkonsentrasi, dan melakukan tugas atau kegiatan akademik atas dasar motivasi intrinsik maka dapat disebut dengan academic flow (Yuwanto, 2013c) Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa aktif baik sarjana dan diploma dengan jumlah subjek sebanyak 355 mahasiswa aktif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuisioner yang terdiri atas skala Academic Hardiness dan skala Academic Flow. Skala Academic Hardiness menggunakan alat ukur RAHS (Revised Academic Hardiness Scale) dengan reliabilitas (r=0,853) (Benishek dkk., 2005). Academic Flow diukur dengan LIS (The Flow Inventory for Student), alat ukur yang dikembangkan Yuwanto (2011) dengan reliabilitas (r=0,828). Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman’s Rho dengan bantuan SPSS 22.0 for windows