Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap trash-talking saat bermain game online Mobile Legends dan Arena Of Valor. Metode penelitian menggunkana teknik analisis kualitatif menggunakan metode etnografi virtual. Etnografi virtual merupakan cara yang digunakan untuk melakukan panduan penelitian di area virtual dengan fokus permasalahan di internet. Pengumpulan data menggunakan konsep Cristine Hine yaitu secara online dan offline antara lain melakukan observasi parstisipan dengan ikut bermain bersama informan, scren captcure dan wawancara mendalam kepada empat user yang melakukan trash-talking pada game online Mobile Legends dan Arena Of Valor. Game Online adalah suatu permainan yang terhubung dengan internet. Tersedianya fasilitas komunikasi dalam game online membuat user bebas dalam melakukan interaksi. Salah satunya yaitu trash-talking merupakan komunikasi verbal yang secara disengaja oleh individu untuk kepentingkan postif dan negatif. Positif jika digunakan sebagai motivasi dan negatif jika digunakan untuk menggangu atau mengintimidasi. Komunikasi yang dilakukan dalam game online Mobile Legeds dan Arena Of Valor melalui chat box yaitu secara tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa identitas user game online Mobile Legeds dan Arena Of Valor tidak hanya identitas total ononymity melainkan partial anonymity dan real name yang tidak membatasi user dalam melakukan trash-talking. Pemilihan kata dalam melakukan trash-talking pun bervariasi, mulai dari hal kecerdasaa dan intelegensi, alat kelamin, nama binatang, aktivitas seksual, dan umpatan bahasa Jawa. selain itu trash-talking digunakan sebagai strategi dalam mendapatkan kemenangan dengan memecahkan konsentrasi lawan untuk fokus dalam chat. Trash-talking juga digunakan sebagai motivasi dalam bermian game online agar lebih baik dari sebelumnya dan sebagai motivasi hiburan.