PERSEPSI MASYARAKAT HINDU DI LOMBOK BARAT TERHADAP BRANDING LOMBOK SEBAGAI DESTINASI WISATA HALAL
Main Author: | Ria Setiawati, 071511533017 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/87196/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/87196/2/DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unair.ac.id/87196/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unair.ac.id/87196/4/Fis%20k%2081%2019%20Set%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/87196/5/JURNAL__RIA%20SETIAWATI_%20071511533017%20.PDF.pdf http://repository.unair.ac.id/87196/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berfokus kepada persepsi masyarakat Hindu yang tinggal di kawasan pariwisata Lombok Barat terhadap branding wisata Lombok sebagai destinasi wisata halal. Persepsi yang dimaksud meliputi aspek kognitif yang dimiliki terkait dengan hadirnya branding wisata halal di Lombok. Lombok Barat sendiri menjadi salah satu daerah icon pariwisata di Lombok yang mana mayoritas masyarakat yang tinggal bekerja di sektor pariwisata. Mayoritas masyarakat yang bekerja di sektor pariwisata Lombok Barat merupakan pemeluk agama Hindu, sehingga dengan hadirnya branding wisata halal tentu akan berdampak lansung kepada masyarakat Hindu tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode fenomenologi. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi dan wawancara lansung kepada masyarakat Hindu di Lombok Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain destination branding, persepsi, branding serta beberapa teori lain yang relevan. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan bahwa setiap informan memiliki persepsi yang unik dan berbeda-beda terkait branding wisata halal. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh pengalaman, latar belakang, keyakinan, pendidikan, minat dan motivasi yang dimiliki oleh informan sehingga berpengaruh terhadap proses persepsi yang meliputi seleksi, organisasi dan interpretasi.