Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas mengenai pengaruh hashtag engagement #Peoplewearoemahetnik di media sosial Instagram terhadap brand image UKM Oemah Etnik. Di era digital saat ini, penggunaan hashtag sebagai salah satu tools dari komunikasi pemasaran yaitu interactive marketing di Instagram memiliki potensi menjadi trend viral dan strategi efektif yang dapat dilakukan UKM khususnya pada brand fashion lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian didapatkan melalui metode survei dengan menyebarkan instrumen kuesioner online kepada 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu followers di Instagram Oemah Etnik dan pernah membaca #Peoplewearoemahetnik. Hashtag engagement diukur berdasarkan 3 variabel meliputi cognitive, emotional, dan behavioral. Sedangkan brand image diukur berdasarkan variabel attributes, benefits, dan brand attitudes. Uji statistik menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan variabel hashtag engagement dan brand image UKM Oemah Etnik memiliki korelasi yang kuat dan arah hubungan yang bersifat positif. Selain itu, terdapat pengaruh dari variabel X (hashtag engagement #Peoplewearoemahetnik) terhadap variabel Y (brand image UKM Oemah Etnik) sebesar 45%, sedangkan sisanya 55% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.