RISET EVALUASI KEBERADAAN LOOP STATION TELKOMSEL SEBAGAI PROGRAM DENGAN PENDEKATAN CSR MELALUI RESPON KOMUNITAS PEMUDA DI SURABAYA
Main Author: | Anggia Chanza Widowati, 071511533063 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/87163/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/87163/2/DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unair.ac.id/87163/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unair.ac.id/87163/4/Fis%20k%2066%2019Wid%20r.pdf http://repository.unair.ac.id/87163/5/JURNAL_ANGGIA%20CHANZA%20WIDOWATI_071511533063.PDF.pdf http://repository.unair.ac.id/87163/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berfokus pada evaluasi keberadaan Loop Station Surabaya sebagai program dari PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) yang secara tidak langsung menerapkan pendekatan corporate social responsibility (CSR) di dalamnya. Evaluasi dilakukan melalui respon komunitas pemuda di Surabaya sebagai penerima program. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu bagaimana peran Loop Station Station terhadap aktivitas komunitas pemuda serta bagaimana Loop Station Surabaya memberikan keuntungan tertentu kepada perusahaan. Pemilihan Loop Station dalam penelitian ini didasarkan karena peneliti melihat Loop Station sebagai bentuk atau wujud pelaksanaan kegiatan bernuansa kepedulian atau CSR dari sebuah perusahaan provider komunikasi yang cenderung berbeda dengan perusahaan pesaingnya. Tinjauan pustaka tentang CSR yang digunakan banyak mendapat pengaruh dari Kotler dan Lee serta Garriga dan Mele terkait peran CSR dalam menunjang keberlangsungan bisnis suatu perusahaan. Penelitian ini bertipe deskriptif dengan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sementara itu, pengumpulan data dilakukan melalui indepth interview yang melibatkan Team Leader Loop Station Surabaya serta perwakilan dari enam komunitas pemuda di Surabaya yang pernah menggunkan fasilitas di Loop Station Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan Loop Station Surabaya direspon secara beragam oleh komunitas pemuda di Surabaya, diantarnya menyatakan bahwa Loop Station sesuai dengan kebutuhan anak muda di Surabaya, Loop Station Surabaya dianggap mampu mengisi kesenjangan antara perusahaan dan komunitas, hingga pandangan bahwa keberadaan Loop Station Surabaya dinilai standard sebagai kewajiban perusahaan. Hal ini berimplikasi pada general business objectives and goals serta marketing goals and objectives perusahaan pelaksana program berdasarkan respon perwakilan komunitas yang terlibat.