ANALISIS PENGARUH PERCEIVED SCARCITY TERHADAP ANTICIPATED EMOTIONS DAN DAMPAKNYA TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN

Main Author: FADHILA NUR KARTIKA, 041624353010
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/87133/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/87133/2/daftar%20isi.pdf
http://repository.unair.ac.id/87133/3/daftar%20pustaka.pdf
http://repository.unair.ac.id/87133/4/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/87133/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived scarcity terhadap anticipated emotions dan dampaknya terhadap niat beli konsumen. Di samping itu, faktor-faktor lain seperti competitiveness, hedonic shopping motivation, dan need for uniqueness yang mempengaruhi hubungan antara perceived scarcity dan niat beli konsumen juga diteliti. Melalui pendekatan kuantitatif, penelitian ini akan membahas bagaimana konsumen merespon kondisi kelangkaan yang terjadi pada toko online XYZ yang merupakan salah satu toko fashion muslimah dengan pengikut Instagram paling banyak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebar kuesioner online dan tradisional pada 178 orang wanita yang aktif menggunakan Instagram dan pernah kehabisan saat akan membeli produk XYZ. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis AMOS. Hasil penelitian menyatakan bahwa perceived scarcity atau persepsi kelangkaan dari konsumen berpengaruh positif terhadap anticipated emotions dan niat beli. Anticipated emotions juga memiliki pengaruh positif terhadap niat beli. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi anggapan konsumen atas kelangkaan barang, maka akan semakin kuat anticipated emotions yang dirasakan. Sehingga, konsumen akan memiliki niat beli yang semakin tinggi pula. Hasil penelitian juga menyatakan bahwa competitiveness dan hedonic shopping motivation memiliki peran moderasi positif, atau memperkuat hubungan antara perceived scarcity dan niat beli. Sedangkan need for uniqueness tidak memiliki peran moderasi pada penelitian ini. Selain memberikan referensi mengenai perilaku konsumen untuk akademisi, penelitian ini juga memberikan masukan tentang strategi pemasaran untuk XYZ dan merek fashion lainnya yang melakukan kegiatan jual belinya melalui social commerce.