ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI PENDEKATAN PERCEPTUAL MAPPING GULA DASAMANIS BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN

Main Author: NOVAN YOGA ROCHSIANTO, 041524353067
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/87108/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/87108/2/daftar%20isi.pdf
http://repository.unair.ac.id/87108/3/daftar%20pustaka.pdf
http://repository.unair.ac.id/87108/4/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/87108/
Daftar Isi:
  • Positioning merupakan bagian dari strategi pemasaran dalam memenangkan persaingan. Dengan mengatur suatu produk menempati tempat yang jelas, dan lebih diinginkan dibandingkan dengan produk pesaing manjadikan produk tersebut akan kuat dan bertahan lama dalam memenangkan persaingan pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat posisi dari gula Dasamanis diantara pesaingnya serta merumuskan strategi pemasaran yang akan dilakukan kedepan berdasarkan positioningnya. Dilakukan survey kepada 112 responden yang sering melakukan pembelian gula kemasan bermerek. Hasil dari survey akan diolah menggunakan analisis faktor dan multidimensional scaling. Berdasarkan hasil analisa faktor didapat 2 dimensi yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian gula kemasan yaitu dimensi kualitas produk dan dimensi pemasaran. Hasil dari multidimensional scaling menggambarkan bahwa gula Dasamanis mumpunyai kesamaan persepsi dengan gula Maniskita. Berdasarkan perhitungan jarak Euclidean antara gula Dasamanis dengan atribut-atribut yang digunakan dalam pembelian gula kemasan maka kekurangan dan kelebihan yang terdapat dari gula Dasamanis akan dijadikan acuan untuk memformulasikan strategi pemasaran baru.