ANALISIS POSITIONING SMARTFREN DENGAN PERCEPTUAL MAPPING KONSUMEN DALAM PERSAINGAN PASAR MOBILE INTERNET PROVIDER DI SURABAYA

Main Author: NANDYA WHITA MONIVA, 041614353035
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/87107/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/87107/2/daftar%20isi.pdf
http://repository.unair.ac.id/87107/3/daftar%20pustaka.pdf
http://repository.unair.ac.id/87107/4/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/87107/
Daftar Isi:
  • Smartfren merupakan salah satu Mobile Internet Provider di Indonesia yang telah melaksanakan migrasi CDMA ke 4G LTE. Dengan peralihan teknologi dari CDMA ke 4G LTE ini memerlukan analisis posisi Smartfren dalam persaingan Mobile Internet Provider di Surabaya terhadap pesaingnya dengan menggunakan Multidimensional Scaling. Dengan Perceptual Map, Smartfren dapat mengevaluasi strategi pemasaran yang sedang dilakukan dengan melihat posisi pesaing. Penelitian ini mengamati 125 responden dari berbagai kalangan yang mengetahui lima merek Mobile Internet Provider di Surabaya. Atribut yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Always On, Internet Access Cost, Speed, Ease of Installation dan Reliability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan persepsi responden maka Smartfren memiliki pilihan biaya paket data termurah di antara ke lima mobile internet provider serta jangkauan layanan pada peringkat ke dua di antara lima merk mobile internet provider. Berdasarkan perceptual map menunjukkan Smartfren memiliki diferensiasi atau keunikan tersendiri sehingga Smartfren perlu teknik strategi pemasaran untuk mencapai keunggulan indikator lainnya. Teknik strategi pemasaran yang paling tepat dilakukan oleh Smartfren adalah melalui 4P (Product, Price, Place, Promotion).