MODEL ISLAMIC SOCIAL ENTREPRENEURSHIP PEREMPUAN PENGUSAHA DI JAWA TIMUR
Main Author: | Nurul Asfiah, 091517077310 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/87093/1/Dis.%20EI.%2013-19%20Asf%20m%20ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/87093/2/Dis.%20EI.%2013-19%20Asf%20m%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unair.ac.id/87093/3/Dis.%20EI.%2013-19%20Asf%20m%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unair.ac.id/87093/4/Dis.%20EI.%2013-19%20Asf%20m.pdf http://repository.unair.ac.id/87093/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini melakukan studi pemberdayaan entrepreneur perempuan pada Kelompok Usaha Mikro dan Usaha Kecil binaan ‘Aisyiyah dengan konsep Islamic social entrepreneurship, yaitu: 1) Mendapatkan gambaran peralihan pandangan ‘Aisyiyah sebagai Gerakan Praksis Sosial dari Organisasi tajdid dan pembaharuan menjadi Organisasi Islam Berkemajuan dan karakter entrepreneur perempuan, 2) Mendapatkan gambaran pelaksanaan pemberdayaan entrepreneur perempuan pada kelompok UMK binaan ‘Aisyiyah yang sesuai dengan nilai-nilai Islami, dan 3) Mendapatkan model pemberdayaan entrepreneur perempuan pada kelompok UMK binaan ‘Aisyiyah yang sesuai dengan konsep Islamic Social Entrepreneurship. Penelitiam ini adalah penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan kuisioner, dokumentasi, wawancara, participative observation, dan focus group discussion, dan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis eksplanatori (explanatory case study) dengan memberikan narasi deskriptif atas hasil studi. Temuan dari penelitian ini adalah : 1) gambaran karakter entrepreneur perempuan pada Usaha Mikro dan Usaha Kecil (UMK) setelah peralihan pandangan ‘Aisyiyah sebagai Gerakan Praksis Sosial, 2) gambaran pelaksanaan pemberdayaan entrepreneur perempuan sesuai dengan nilai-nilai Islam, dan 3) model pemberdayaan entrepreneur perempuan sesuai dengan konsep Islamic Social Entrepreneurship.