PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GREEN INNOVATION DALAM MEMEDIASI PENGARUH STAKEHOLDER PRESURE TERHADAP KINERJA ORGANISASI
Main Author: | HADIAH FITRIYAH, 041417147308 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/87088/1/Dis.%20A.%2006-19%20Fit%20p%20ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/87088/2/Dis.%20A.%2006-19%20Fit%20p%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unair.ac.id/87088/3/Dis.%20A.%2006-19%20Fit%20p%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unair.ac.id/87088/4/Dis.%20A.%2006-19%20Fit%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/87088/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menguji peran corporate social responsibility dan green innovation dalam memediasi pengaruh stakeholder pressure terhadap kinerja organisasi. Fokus penelitian ini pada usaha kecil dan menengah atau industri kreatif. Salah satu industri kreatif yang syarat dengan budaya dan tradisi Indonesia adalah Industri kreatif Batik. Batik merupakan corak budaya Indonesia yang khas, terkadang di setiap motif batik mencerminkan kekhasan setiap daerah di Indonesia. Jadi, batik merupakan culture yang menyeluruh bagi Indonesia. Oleh karena itu batik harus di lestarikan agar tidak di klaim oleh negara lain dan batik juga termasuk aset budaya bangsa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode analisis yang digunakan dalam proses pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan PLS-SEM. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku industri kreatif batik yang tersebar pada kabupaten/kota di Propinsi Jawa Timur yang berjumlah 202 dan sampelnya berjumlah 110 pelaku industri kreatif batik di Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) green innovation mampu memediasi pengaruh stakeholder pressure terhadap kinerja organisasi, dengan nilai t sebesar 2.583, hasil tersebut menunjukkan lebih kecil dari 1,96 (untuk 95%) dengan p value 0,010; 2) green innovation mampu memediasi pengaruh corporate social responsibility terhadap kinerja organisasi, dengan nilai t sebesar 2,932; 3) corporate social responsibility tidak dapat memediasi pengaruh stakehoder pressure terhadap peningkatan kinerja industri kreatif batik di Jawa Timur dengan nilai t sebesar 0,869, dengan p value 0,385, yang berarti bahwa parameter mediasi tersebut; 4) corporate social responsibility dan green innovation memediasi pengaruh stakeholder pressure terhadap kinerja organisasi industri kreatif batik di Jawa Timur.