ANALISIS KUALITAS WEBSITE E-LEARNING FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA (PSYCHE) DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Main Author: RIZALDI FIRDAUS AKBAR, 081411631025
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/87054/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/87054/2/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unair.ac.id/87054/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unair.ac.id/87054/4/ST.SI.%2028-19%20Akb%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/87054/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: PsyCHE adalah e-learning dari Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga, yang dikembangkan oleh Unit Sistem Informasi (USI) Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. PsyCHE telah beroperasi selama beberapa decade dan membutuhkan konsistensi pelayanan yang harus dilakukan tetapi tidak ada penelitian tentang website PsyCHE. Tujuan: Menganalisis kualitas website pada layanan E-learning PsyCHE menggunakan metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Metode: Penelitian ini bersifat kuantitatif, menggunakan kuesioner dan metode purposive sampling. Metode Webqual 4.0 dan Important Performance Analysis (IPA) digunakan untuk menentukan faktor-faktor kualitas website, dengan variabel yang kegunaan, kualitas informasi, kualitas layanan interaksi, dan kualitas keseluruhan. Data diproses menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil: Terdapat kesenjangan (gap) antara dua perspektif penilaian kualitas layanan website PsyCHE yaitu kinerja dan harapan kualitas layanan website PsyCHE. Secara keseluruhan, perbedaan dari dua perspektif penilaian (gap) adalah negatif, di mana tingkat harapan lebih tinggi dari kinerja, dengan nilai kesenjangan 0,42. Kesimpulan: Kepuasan pelanggan rendah sehingga disarankan pengembang segera mengambil tindakan untuk meningkatkan kinerja website PsyCHE dan merevisi perencanaan strategis mereka. Dalam melakukan itu, mereka harus memprioritaskan atribut yang memiliki kesenjangan (gap) terbesar. Kata Kunci: E-learning, PsyCHE, Webqual, Importance Performance Analysis (IPA), Statistical Product and Service Solution (SPSS).