ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN “PICK-UP SERVICE” PADA TABUNGAN “SIMPEL DAN SIMPEDA” BANK JATIM PADA TINGKAT KEPUASAN NASABAH

Main Author: ERNANTO ADI NUGROHO, 151610913044
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/86660/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/86660/2/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unair.ac.id/86660/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unair.ac.id/86660/4/FV.%20PBK.%2005-19%20Nug%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/86660/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas strategi pemasaran tabungan yang dimiliki oleh Bank Jatim dengan penerapan layanan “Pick-Up Service” dengan acuan tingkat kepuasan yang dirasakan oleh nasabah selama dilayani “Pick-Up Service” oleh petugas bank. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Jatim yang menggunakan Tabungan Simpel dan Simpeda yang dilayani “Pick-Up Service”, dengan lokasi penelitian di institusi sekolah di SMAN 22 Surabaya, SMPN 24 Surabaya, kantor Kecamatan Wiyung. Responden yang didapat sebanyak 50 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data yang dikombinasikan dengan kuisioner online yang disebar keseluruh responden. Analisis yang mendasari penelitian ini adalah tahapan dalam keputusan pembelian, yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan reaksi responden dari pemberian layanan “Pick-Up Service”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi “Pick-Up Service” yang dilakukan oleh Bank Jatim kepada para nasabah Tabungan secara umum dapat dikatakan efektif. Terlihat dari indeks rata-rata yang didapat lebih dari 50%. Namun terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan lagi mengenai pengenalan masalah, keefektivitasan petugas bank dalam menerapkan “Pick-Up Service”, dan perilaku pasca penerapan “Pick-Up Service” terutama keputusan nasabah dalam mereferensikan produk ke orang lain yang memiliki rata-rata terendah. Kata Kunci : Tingkat Efektivitas, Strategi Pemasaran, Pick-Up Service, Tingkat Kepuasan Nasabah