Beauty East and Beauty West: Wacana Kecantikan Perempuan Muslim dalam Majalah Perempuan Muslim

Main Author: DIAH ARIANI ARIMBI, NIDN. 0004057002
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Airlangga , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/86517/1/23.%20Beauty%20East%20and%20Beauty%20West.pdf
http://repository.unair.ac.id/86517/2/23.%20Peer%20Review%20%26%20Validasi.pdf
http://repository.unair.ac.id/86517/
Daftar Isi:
  • Dalam berbagai ragam teks-teks budaya terutama dalam budaya Indonesia populer kontemporer, seringkali perempuan menjadi fokus utama atau bahkan menjadi obyek dalam teks-teks tersebut. Dan, misalnya, dimana perempuan menjadi konsumer utama, dengan serta merta perempuan menjadi obyek atau bahkan “korban” yang seringkali muncul tidak sesuai dengan perempuan yang sebenarnya (dalam keseharian mereka) atau bersifat terlalu utopis. Ibaratnya dalam iklan-iklan tersebut perempuan terlihat sangat rupawan, cantik, aduhai, dan mungkin manja, yang ternyata seringkali hanyalah merupakan ilusi kosong belaka (Fuery dan Mansfield, Cultural Studies and Critical Theory, 2000). Representasi perempuan lewat konstruksi-konstruksi tersebut seringkali tidak hanya utopis tetapi juga masih terperangkap dalam stereotipe-stereotipe yang selama ini dikenal: bahwa perempuan adalah makhluk yang terobsesi dengan tubuhnya, lemah lembut, bodoh atau bahkan hanya dihargai separo harga laki-laki. Hal ini jugalah yang ditenggarai oleh Naomi Wolf dalam bukunya The Beauty Myth (1991).