Daftar Isi:
  • Ulasan online menjadi salah satu hal yang digunakan konsumen sebagai dasar sebelum melakukan pembelian pada e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor manakah dari two-sided reviews, source trustworthiness, source expertise, source homophily, e-tailers’ recommendation dan popularity signals yang mempengaruhi niat beli konsumen pada e-commerce berdasarkan pada persepsi konsumen terhadap information helpfulness. Dual-process theory digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui persepsi konsumen atas information helpfulness. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Data penelitian didapatkan dengan menyebarkan kuesioner penelitian melalui google form. Sampel dari penelitian ini adalah konsumen yang pernah mengunjungi situs Sociolla.com dan pernah membaca ulasan produk yang ada di situs tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa two-sided reviews, source expertise, source homophily, e-tailers’ recommendation dan popularity signals dipersepsikan bermanfaat untuk mengetahui kualitas produk dan berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Walaupun source trustworthiness tidak dipersepsikan bermanfaat, tetapi berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Information helpfulness tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, tetapi memediasi secara parsial hubungan antara two-sided reviews, source homophily, e-tailers’ recommendation dan popularity signals terhadap purchase intention.