HUBUNGAN CLASSROOM CLIMATE DENGAN JENIS ACADEMIC HELP-SEEKING BEHAVIOR PADA SISWA MBI AMANATUL UMMAH

Main Author: VARICHA FIDDAROINI, 111411133018
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/85831/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/85831/2/daftar%20isi.pdf
http://repository.unair.ac.id/85831/3/daftar%20pustaka.pdf
http://repository.unair.ac.id/85831/4/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/85831/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan classroom climate dengan jenis academic help-seeking behavior pada siswa MBI Amanatul Ummah. Classroom climate didefinisikan sebagai kondisi, pengaruh, dan rangsangan dari luar yang meliputi pengaruh fisik, sosial dan intelektual yang mempengaruhi peserta didik (Bloom 1964, dalam Hadiyanto, 2016). Sementara academic help-seeking behavior didefinisikan sebagai strategi pemecahan masalah yang memungkinkan peserta didik untuk mengatasi kesulitan akademik dengan mendapatkan bantuan dari orang lain (Gall, 1981 dalam White, 2011). Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif jenis survei. Penarikan sampel menggunakan sistematic sampling dengan penghitungan menggunakan rumus Slovin diperoleh 260 siswa MBI Amanatul Ummah. Alat ukur penelitian yang digunakan ialah skala classroom climate Sari (2013) yang dimodifikas oleh penulis dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,889 dan skala academic helpseeking behavior Pajares dkk. (2004) dengan reliabilitas pada masing-masing jenisnya adalah instrumental help-seeking r = 0,799, executive help-seeking r = 0,859, avoidance convert help-seeking r = 0,804, dan pada perceived benefits of help-seeking r = 0,678. Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi spearman (rho) menggunakan SPSS 24 for Windows. Hasil menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara classroom climate dengan academic help-seeking behavior jenis instrumental help-seeking adalah 0,378 yang menunjukan korelasi positif dengan kekuatan korelasi sedang, classroom climate dengan executive help-seeking adalah -0,132 yang menunjukan korelasi negatif dengan kekuatan korelasi lemah, classroom climate dengan avoidance convert help-seeking adalah -0,262 yang menunjukan korelasi negatif dengan kekuatan korelasi lemah, classroom climate dengan perceived benefits of help-seeking adalah 0,366 yang menunjukan korelasi positif dengan kekuatan korelasi sedang.