GAMBARAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN YANG BERPRESTASI DI UNIVERSITAS AIRLANGGA

Main Author: SELVI DEWI AFNI, 111511133098
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/85756/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/85756/2/daftar%20isi.pdf
http://repository.unair.ac.id/85756/3/daftar%20pustaka.pdf
http://repository.unair.ac.id/85756/4/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/85756/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa Universitas Airlangga yang menghafal Al-Qur’an sekaligus memiliki prestasi. Regulasi dalam belajar pada penelitian ini berdasarkan pada teori Zimmerman (2002) mengenai proses self regulated learning yang terdiri dari tiga fase yaitu fase pemikiran, fase kinerja, dan fase refleksi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus dan menggunakan analisis tematik. Subjek dalam penelitian ini adalah empat mahasiswa aktif Universitas Airlangga yang menghafal Al-Qur’an sekaligus memiliki prestasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa fase pemikiran memiliki pengaruh yang kuat terhadap proses mahasiswa menerapkan regulasi diri dalam belajar. Dalam hal ini, tujuan yang telah ditetapkan oleh mahasiswa pada fase pemikiran menjadi dasar dan arah bagaimana akan bersikap, termasuk dalam penerapan strategi hingga reaksi diri. Penelitian ini juga mendukung bahwa regulasi diri merupakan sebuah proses yang terus berkelanjutan dari fase pemikiran hingga refleksi, berlanjut kepada pemikiran kembali. Kemudian, penelitian ini juga menemukan bahwa seseorang dengan tujuan belajar yang murni ingin memahami materi atau menerapkan ilmu yang dipelajari lebih menerapkan regulasi diri dalam belajar, dan menganggap prestasi sebagai pemberian atau hadiah dari Allah atas kedekatannya dengan Al- Qur’an, kemudian lingkungan penghafal Al-Qur’an yang sudah memiliki program menghafal dapat mendukung penerapan regulasi diri dalam belajar.