PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMANDIRIAN DALAM PERSONAL HYGIENE PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH

Main Author: INTAN RULINITA SARI, 131411131075
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/85156/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/85156/2/daftar%20isi.pdf
http://repository.unair.ac.id/85156/3/daftar%20pustaka.pdf
http://repository.unair.ac.id/85156/4/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/85156/
Daftar Isi:
  • Kemandirian dalam personal hygiene penting untuk melatih anak supaya anak dapat lebih bertanggung jawab dan tidak bergantung pada orang lain. Kemandirian anak dalam personal hygiene saat ini masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh metode bernyanyi terhadap kemandirian dalam personal hygiene anak usia pra sekolah. Desain penelitian ini adalah Quasy Eksperimental. Populasi sejumlah 38. Sampel yang dimasukkan dalam penelitian ini adalah anak berusia 6 tahun dan orang tua dari anak berusia 6 tahun di TK Dharma Wanita 03 Socah yang dipilih secara purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini, yaitu metode bernyanyi. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu, kemandirian dalam personal hygiene. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed rank test dengan derajat kemaknaan sig α = 0,05 dan uji Mann whitney U test dengan derajat kemaknaan sig α = 0,05