SOUVENIR WISATA (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Wisatawan Terhadap Souvenir Wisata Di Surabaya)
Main Author: | DYAH AYU SETYAWATI, 151611413061 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/84592/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/84592/2/daftar%20isi.pdf http://repository.unair.ac.id/84592/3/daftar%20pustaka.pdf http://repository.unair.ac.id/84592/4/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/84592/ |
Daftar Isi:
- Souvenir memegang peranan penting sebagai upaya untuk menjalin komunikasi kepada wisatawan karena memiliki nilai informatif sehingga dapat menghasilkan sebuah persepsi. Persepsi wisatawan terhadap souvenir wisata merupakan suatu proses yang membuat seseorang memilih, mengorganisasikan, dan menginterpretasikan rangsangan-rangsangan yang diterima menjadi suatu gambaran terhadap souvenir wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui jenis-jenis souvenir atau oleh-oleh yang dipilih wisatawan ketika sedang berkunjung ke daerah wisata serta ingin mengetahui bagaimana perilaku wisatawan saat membeli souvenir wisata. Metode penelitian yang digunakan dalam “Persepsi Wisatawan Terhadap Souvenir Wisata” adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan delam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk mendapatkan data sampel dan observasasi di lokasi penyebaran kuisioner yaitu di beberapa kelurahan di kota Surabaya. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil yang positif bahwa persepsi wisatawan berpengaruh terhadap pembelian souvenir wisata, dari 100 responden, 64% wisatawan mengaku senang membeli souvenir wisata/oleh-oleh dengan berbagai macam pertimbangan untuk keputusan pembelian pada saat berwisata. Sedangkan 36% wisatawan lainnya mengaku tidak terlalu mementingkan untuk membeli sebuah souvenir wisata/oleh-oleh.