HUBUNGAN FUNGSI EKSEKUTIF DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA
Main Author: | ANA AHMILU THOYIBAH, 111311133129 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/83887/1/PSI%20114-19%20Tho%20h%20-%20ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/83887/2/PSI%20114-19%20Tho%20h%20-%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unair.ac.id/83887/3/PSI%20114-19%20Tho%20h%20-%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unair.ac.id/83887/4/PSI%20114-19%20Tho%20h.pdf http://repository.unair.ac.id/83887/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik pengaruh fungsi eksekutif (executive function) terhadap prestasi akademik pada mahasiswa melalui penelitian kuantitatif dengan menggunakan empat alat ukur, yaitu Design fluency, Digit span, Verbal fluency, dan Stroop task. Fungsi eksekutif adalah seperangkat keterampilan neurokognitif, terdiri dari working memory, inhibition, dan cognitive flexibility yang terlibat dalam pemecahan masalah untuk diarahkan pada tujuan sesungguhnya dan memiliki peran penting untuk fungsi adaptif. Sedangkan, prestasi akademik adalah hasil belajar terakhir yang dicapai oleh siswa dalam jangka waktu tertentu, yang mana di sekolah prestasi akademik siswa biasanya dinyatakan dalam bentuk angka atau simbol tertentu, dalam penelitian ini menggunakan indeks prestasi kumulatif (IPK). Penelitian ini dilakukan pada 128 orang mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Universitas Airlangga angkatan tahun 2014. Pengambilan data dilakukan di laboratorium kasuistik Fakultas Psikologi Universitas Airlangga dengan durasi waktu 25-30 menit untuk setiap subjek. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi statistik menggunakan program IBM SPSS Versi 20. Hasil penelitian diketahui bahwa ketiga komponen fungsi eksekutif, yaitu dari working memory, inhibition, dan cognitive flexibility memiliki hubungan dengan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Psikologi Univeristas Airlangga.