Daftar Isi:
  • Pariwisata di Indonesia telah dianggap sebagai salah satu sektor ekonomi penting. Banyak kegiatan ekonomi lainnya yang berhubungan erat dengan pariwisata, seperti transportasi, telekomunikasi, dan bisnis eceran. Indonesia juga mempunyai berbagai macam ragam kuliner. Dari ragam kuliner tersebut mereka mempunyai cara tersendiri untuk mempromosikan kuliner khas yang mereka punya. Bagi masyarakat surabaya makanan nasi sambal adalah salah satu makanan yang paling diminati. Dan yang paling ramai diperbincangkan juga menjadi tujuan Wisata Kuliner, yang paling ramai pengunjung di malam hari adalah Sego Sambel Mak Yeye. Penulis melakukan sebuah penelitian dengan permasalahan Sego Sambel Mak Yeye sebagai alternatif Wisata Kuliner malam di Surabaya. Maka penulis ingin mengetahui pandangan / pendapat konsumen terhadap Sego Sambel Mak Yeye sebagai alternatif Wisata Kuliner Malam di Surabaya. Peneliti melakukan penelitiannya dengan metode kualitatif dimana peneliti mendapatkan data hasil penelitiannya tanpa menggunakan prosedur kuantitatif dan pengukuran. Peneliti mengumpulkan data dengan cara wawancara dengan para konsumen dan menggunakan bahan-bahan dokumen yang diperlukan. Hasil dari temuan data dalam penelitian ini penulis dapat mengambil kesimpulan yang ditarik dari hasil penelitian tersebut. Terdapat tiga (3) indikator di dalam penilitian ini, indikator tersebut terdiri dari What To Do dimana konsumen dapat menikmati makanan di Sego Sambel Mak Yeye, lalu What To See konsumen dapat melihat pelayanan dan penyajian makanan di Sego Sambel Mak Yeye. Dan yang terakhir What To Buy yaitu konsumen dapat membeli variasi produk yang ada dan konsumen puas dengan variasi produk yang telah diberikan. Dari indikator tersebut hasil dari pendapat konsumen tentang Sego Sambel Mak Yeye cukup baik. Maka dari kesimpulan tersebut bahwa Sego Sambel Mak Yeye layak menjadi alternatif Wisata Kuliner Malam di Surabaya.