MALL SEBAGAI OBJEK WISATA ( Studi Deskriptif tentang Mall Sebagai Objek Wisata Bagi Pengunjung di Perkotaan )
Main Author: | Ismala Dewi, 151611413010 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/83827/1/FV%20PW%2012-19%20Dew%20m%20-%20ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/83827/2/FV%20PW%2012-19%20Dew%20m%20-%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unair.ac.id/83827/3/FV%20PW%2012-19%20Dew%20m%20-%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unair.ac.id/83827/4/FV%20PW%2012-19%20Dew%20m.pdf http://repository.unair.ac.id/83827/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Perkembangan industri di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat khususnya industri pariwisata. Banyak sudah terobosan-terobosan yang telah diciptakan guna membawa angin segar bagi sektor pariwisata Indonesia. Salah satu terobosan itu adalah dengan berdirinya mall sebagai objek wisata yang cukup menarik di kota-kota besar khususnya dengan berbagai macam bentuk dan fasilitas yang ada didalamnya. Pada penelitian ini, peneliti berfokus pada besaran tingkat pendapat masyarakat tentang keberadaan mall sebagai objek wisata di perkotaan. Penelitian ini bersifat deskriptif yang maksudnya adalah memberi gambaran seberapa besar minat masyarakat terkait dengan mall sebagai objek wisata. Adapun analisa data kuantitatif dipilih karena untuk mengetahui tingkat minat tersebut diperlukan beberapa pertanyaan kuisioner yang mengarah pada suatu kesimpulan akhir yang tepat. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan menggunakan kuisoner dan wawancara secara langsung dengan menggunakan instrument yang ada di kuisioner. Responden yang menjadi objek observasi peneliti adalah pengunjung lima mall pusat di Surabaya untuk memberikan pendapatnya tentang keberadaan mall sebagai objek wisata. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden memberikan respon yang positiv tentang keberadaan mall sebagai objek wisata dengan aktivitas terbesar merupakan rekreasi dengan prosentase 38% (38 pengunjung) dari 100 pengunjung yang menjadi responden, kendati demikian faktor berkunjung pengunjung ke mall sebagai objek wisata adalah kemudahan aksesnya dengan prosentase 21 % (21 pengunjung) dari 100 pengunjung.