PENGARUH KONSEP DIRI, KECERDASAN EMOSIONAL DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT SISWA MADRASAH ALIYAH

Main Author: WASIS PURWO WIBOWO, 111714253022
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/83715/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/83715/2/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/83715/
Daftar Isi:
  • Pencapaian siswa dalam memahami materi yang diberikan di kelas dapat dilihat dari proses dan cara belajarnya. Keterikatan siswa (student engagement) dalam mengikuti pembelajaran di kelas menjadi salah satu hal penting yang perlu ditekankan dalam pencapaian suatu pembelajaran. Karakteristik yang unik dalam penelitian ini ditekankan pada siswa Madrasah Aliyah yang memiliki pembelajaran agama lebih dibanding dengan siswa sekolah umum lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisa pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan keluarga dengan mediator konsep diri terhadap student engagement siswa Madrasah Aliyah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan empat skala pengukuran yaitu skala konsep diri, skala kecerdasan emosional, skala dukungan keluarga, dan skala student engagement. Analisis yang digunakan yaitu Partial Least Square. Jumlah subyek dalam penelitian ini sebanyak 195 siswa Madrasah Aliyah di salah satu sekolah swasta di Sidoarjo dengan total populasi 380 siswa melalui teknik simple random sampling. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pengaruh kecerdasan emosi dan dukungan keluarga terhadap student engagement bersifat langsung (direct effect), tidak bisa indirect melalui mediasi konsep diri. Konsep diri tidak dapat menjadi mediator antara kecerdasan emosional dan dukungan keluarga terhadap student engagement akan tetapi ketiga variabel yaitu konsep diri, kecerdasan emosional, dan dukungan keluarga berpengaruh secara bersamaan terhadap student engagement siswa Madrasah Aliyah.