PENERAPAN POSITIVE BEHAVIOR SUPPORT (PBS) UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP SISWA AUTISME DI SEKOLAH INKLUSI
Main Author: | FEBRI PRASETYO, 111514153034 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/83698/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/83698/2/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/83698/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan penerimaan sosial yang muncul dalam interaksi siswa regular dengan siswa berkebutuhan khusus autisme disekolah inklusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan Positive Behavior Support (PBS) terhadap penerimaan sosial teman sebaya pada siswa autisme disekolah inklusi. Masalah penerimaan sosial yang terjadi adalah perlakuan kasar, diabaikan, dihindari dan tidak dipedulikan serta cenderung didiamkan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pelatihan yang digunakan sebagai media untuk merubah perilaku individu pada aspek kognitif, afektif dan sikap. Positive Behavior Support (PBS) sebagai metode intervensi yang menerapkan dukungan perilaku positif pada siswa regular terhadap siswa autisme dalam upaya meningkatkan penerimaan sosial teman sebaya disekolah inklusi. Subjek penelitian ini adalah siswa regular kelas VII/D di SMPN 4 Sidoarjo yang diketahui mereka baru berteman selama 3 bulan semenjak proses penerimaan peserta didik baru. Alat pengumpulan data menggunakan skala penerimaan sosial dan skala dukungan perilaku positif dengan pre-test dan post-test. Teknik analisis data statistic menggunakan teknik paired samples t-test wilcoxon dengan program IBM SPSS for windows statistics 16.0 version. Berdasarkan hasil analisis product moment dari pearson diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,764 pada pre-test dan post-test cukup kuat dengan signifikansi > 0,05. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari aspek kognitif, sikap dan perilaku siswa reguler antara sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. Kontribusi teoritis dan praktis pada penelitian ini adalah mendukung teori Martin E.P Seligman tentang psikologi positif. Kemudian Ross Horner menerapkan PBS yang terbukti efektif meningkatkan penerimaan sosial teman sebaya dan mengurangi perilaku bullying. Penerapan PBS dapat mencegah munculnya bullying, berhasil mengurangi intensitas dan trend perilaku bullying pada siswa usia remaja.