ANALISIS SEMIOTIK IKLAN ROKOK A MILD VERSI LANGKAH DI MEDIA TELEVISI

Main Author: Muhammad Razaak Firmansyah, 121411131040
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/83668/1/ABSTRAK%20.pdf
http://repository.unair.ac.id/83668/2/FS%20BI%2004-19%20Fir%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/83668/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penanda dan petanda yang terdapat pada iklan rokok A Mild versi Langkah pada media televisi, (2) menemukan dan mendeskripsikan makna yang terkandung dalam iklan rokok A Mild versi Langkah pada media Televisi. Objek penelitian ini adalah gambar visual yang disajikan pada media televisi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu mengumpulkan data melalui teknik rekam dan teknik catat berupa rekaman video dan dialog kemudain ditranskripkan menjadi sebuah teks. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Semiotika Ferdinand de Saussure. Data yang didapat kemudian akan dianalisis menggunakan teori penanda (signifier) dan petanda (signified). Penanda dan petanda yang ditemukan dalam iklan rokok A Mild versi Langkah sangat beragam tergantung narasi yang diberikan. Peneliti menganalisis setiap adegan dalam iklan yang berjumblah 26 adegan. Setiap adegan memiliki makna dan pengertian yang berbeda satu sama lain. Data tersebut dikumpulkan dan dirangkum menjadi satu kesimpulan tentang makna dari iklan rokok A Mild versi Langkah. Makna yang dapat disimpulkan dari iklan rokok A Mild versi Langkah adalah deskripsi dari dinamika perjalanan manusia dalam menjalani kehidupannya yang digambarkan oleh pengarang dengan sepasang kaki manusia yang berjalan melalui adegan-adegan tertentu yang memiliki narasi dan cerita yang berbeda pada setiap adegannya.