EFEKTIVITAS PROGRAM SUDUT BACA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI SISWA SMPN DI SURABAYA
Main Author: | GITA HARDIKA MAYTAWATI, 071311633086 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/83613/6/ABSTRAK_Fis.IIP.32%2019%20May%20e.pdf http://repository.unair.ac.id/83613/2/FULLTEXT_Fis.IIP.32%2019%20May%20e.pdf http://repository.unair.ac.id/83613/3/JURNAL_Fis.IIP.32%2019%20May%20e.pdf http://repository.unair.ac.id/83613/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Sudut baca merupakan program dengan berbagai macam kegiatan gunanya untuk menumbuhkan semangat membaca dan mengkondusifkan suasana sekolah untuk membaca. Layanan sudut baca tersebut sekaligus usaha untuk memenuhi kebutuhan informasi siswa, karena kebutuhan informasi siswa yang semakin kompleks terutama pada usia remaja yang memiliki keingintahuan yang tinggi didukung dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan semakin meningkatnya penyebaran informasi mendorong manusia untuk selalu ingin tahun tentang satu hal yang dapat memperluas wawasannya. Hal tersebut juga sebagai usaha pemerintah Kota Surabaya dalam program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui dan menggambarkan mengenai keefektivan layanan program sudut baca dalam memenuhi kebutuhan pengguna di SMPN Surabaya. Dengan menggunakan pengukuran efektivitas yang dikemukan oleh Campbell(1989) yaitu keberhasilan program, keberhasilan sasaran yang dituju, kepuasan terhadap program, tingkat input dan output dan pencapaian tujuan menyeluruh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam sampel sebanyak 105 responden siswa SMPN di Surabaya. Penarikan sampel menggunakan Multistage random smpling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Pengukuran variable menggunakan tabel frekuensi. Hasil Dari peneltian ini menunjukan bahwa keefektivan program layanan sudut baca SMPN di Surabaya pada variabel keberhasilan program medapatkan jumlah rata-rata 1,30 dengan kategori tidak efektif, varaibel keberhasilan sasaran yang dituju diperoleh jumlah rata-rata 1,73 dengan kategori cukup efektif. Pada kepuasan Terhadap Program mendapatkan rata-rata 1,44 dengan kategori cukup efektif. Pada tingkat Input dan Output Pada aspek tingkat input dan output diperoleh dari data peneliti yang sudah diolah tergolong dalam kategori cukup efektif dengan rata-rata 1,67 berdasarkan prosentase hasil olah data. Kemudian pencapaian Tujuan Menyeluruh Pada aspek pencapaian tujuan menyeluruh diperoleh data dalam penelitian ini adalah cukupefektif dengan rata-tara 1,66 berdasarkan prosentase yang didapatkan peneliti.