PENGARUH E-SERVICESCAPE, ONLINE FLOW EXPERIENCE, TRUST, DAN STORE EXPERIENCE TERHADAP SHOPPING INTENTION PADA ONLINE MARKETPLACE TOKOPEDIA

Main Author: HAFIYAN DZAKA FADHILAH, 041511233308
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/83132/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/83132/2/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/83132/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh e-servicescape, online flow experience, trust dan store experience terhadap shopping intention. Peneliti memilih situs web online marketplace yaitu Tokopedia sebagai objek penelitian karena melihat dari jumlah kunjungan per bulan pada situs web-nya yang lebih tinggi daripada marketplace lain jadi dapat diamsumsikan bahwa Tokopedia memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif survei. Data pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebarkan secara offline kepada responden yang pernah mengunjungi situs web Tokopedia, namun belum pernah melakukan transaksi pembelian. Total jawaban responden yang dikumpulkan berjumlah 271 orang responden. Hasil jawaban responden tersebut selanjutnya ditabulasi dan dianalisis dengan teknik pengujian data SEM AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-servicescape pada situs web online marketplace Tokopedia memiliki pengaruh positif terhadap online flow experience, trust dan store experience. Sedangkan trust dipengaruhi oleh store experience, namun tidak dipengaruhi oleh online flow experience. Selanjutnya online flow experience, trust dan store experience akan mempengaruhi shopping intention.