MAKNA KATA-KATA PADA INDUSTRI KREATIF PERSEBAYA STORE KAJIAN ETNOLINGUISTIK

Main Author: IRMA ZURAIDA, 121511133015
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/82799/1/ABSTRAK_FS.BI.56%2019%20Zur%20m.pdf
http://repository.unair.ac.id/82799/2/FULLTEXT_FS.BI.56%2019%20Zur%20m.pdf
http://repository.unair.ac.id/82799/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan makna kata-kata pada industri kreatif Persebaya Store. Produk industri kreatif Perebaya Store meliputi apparel, accessories, dan equipment yang merupakan produk resmi Persebaya Store. Teori yang digunakan penelitian ini adalah teori etnolinguistik dan semantik untuk mengetahui makna pada produk Persebaya Store dan produk industri kreatif Persebaya mencerminkan bahasa dan budaya masyarakat Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menyajikan kajian dan analisis data yang bersumber pada data yang dipilih dan kemudian dianalisis berdasarkan data yang ada. Sumber data diperoleh dari website resmi dan media sosial seperti facebook, twiter, instagram, resmi Persebaya Store. Data dikumpulkan dengan metode simak dan teknik catat. Kajian etnolinguistik dan semantik penelitian ini mendeskripsikan tentang cerminan karakter masyarakat Surabaya mulai dari bahasa dan budayanya, sehingga tercermin masyarakat yang memiliki karakter lugas, tegas, egaliter, dan apa adanya. Pada produk Persebaya Store yang menggambarkan bahasa dan budaya masyarakat Surabaya, dapat dikelompokan menjadi beberapa tema yaitu tema penyemangat, tema Kota Pahlawan, tema lirik lagu, dan tema karakter. Pada data klasifikasikan kedalam beberapa bentuk yaitu produk Persebaya Store bentuk slogan, Persebaya Store bentuk motto, dan Persebaya Store bentuk jargon. Pencerminan masyarakat Surabaya pada produk Persebaya Strore dapat dilihat dengan berbagai kosa kata yang bersumber dari data diantaranya kata: wani, nekat, kuat, nyali, berjuang, kita, cinta, pahlawan, bangga, dan bondo.