PENGARUH LEARNING GOAL ORIENTATION DAN KEPRIBADIAN PROAKTIF TERHADAP ADAPTABILITAS KARIER PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Main Author: BELLIANA SALVIA, 111511133047
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/82616/1/Psi.%2099-19%20Sal%20p%20Abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/82616/2/Psi.%2099-19%20Sal%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/82616/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara learning goal orientation dan kepribadian proaktif terhadap adaptabilitas karier pada mahasiswa tingkat akhir. Adaptabilitas karier merupakan sumber daya dan kesiapan yang dimiliki individu terkait tugas-tugas perkembangan karier saat ini maupun masa depan (Savickas, 2005). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan menyebarkan kuesioner secara online. Subyek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa tingkat akhir yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi sejumlah 204 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Career Adapt-Abilities Scale (CAAS) milik Porfeli & Savickas (2012) untuk mengukur kemampuan adaptabilitas karier, Learning goal orientation Scale milik Dweck (1986) untuk mengukur learning goal orientation dan Proactive Personality Scale Short Form milik Seibert, Crant, & Kreimer (1999) untuk mengukur kepribadian proaktif. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS Statistics 22. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh positif learning goal orientation dan kepribadian proaktif terhadap adaptabilitas karier mahasiswa tingkat akhir dengan besar pengaruh R2 sebesar 0,332.