DAMPAK REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM PARLEMEN TERHADAP GENDER GAP DI BIDANG PENDIDIKAN
Main Author: | LIZA SETYA EKA HASUL, 041511133157 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/82291/1/C.%2077-19%20Has%20d%20Abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/82291/2/C.%2077-19%20Has%20d.pdf http://repository.unair.ac.id/82291/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Secara global, ada peningkatan representasi perempuan dalam parlemen, terutama sejak diselenggarakannya Konferensi Beijing 1995. Secara bersamaan, gender gap di bidang pendidikan mengalami penurunan. Kedua hal tersebut dapat mengindikasikan adanya hubungan kausalitas. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk memberikan justifikasi secara akademis terkait dampak representasi perempuan terhadap gender gap di bidang pendidikan. Dibandingkan dengan legislator laki-laki, legislator perempuan lebih memprioritaskan isu-isu terkait pendidikan dan kesetaraan gender. Peningkatan proporsi perempuan dalam parlemen berpotensi untuk memberikan dampak substantif pada kebijakan yang dikeluarkan parlemen. Data yang digunakan merupakan data panel di tingkat negara yang bersumber dari dataset Quality of Government (2017) dan Inter- Parliamentary Union (2015). Metode estimasi yang digunakan adalah Differencein- Difference, Instrumental Variable – Two Stage Least Squares dan Fixed Effect. Berdasarkan hasil estimasi, dapat disimpulkan bahwa representasi perempuan di parlemen mengurangi gender gap di bidang pendidikan.