HUBUNGAN COLLEGE ADJUSTMENT DENGAN STATUS MENTAL BERESIKO GANGGUAN PSIKOSIS PADA MAHASISWA BARU FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA
Main Author: | ADELIA KHAIRUNNISA, 111511133193 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/82188/1/Psi.%2072-19%20Kha%20h%20Abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/82188/2/Psi.%2072-19%20Kha%20h.pdf http://repository.unair.ac.id/82188/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara college adjustment dengan status mental beresiko gangguan psikosis pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Status mental beresiko psikosis adalah keadaan dimana individu memiliki kecenderungan untuk mengalami gangguan psikosis sebenarnya. Kemunculan status mental beresiko atau prodromal ini umumnya terjadi di usia remaja menjelang dewasa. Sedangkan salah satu fenomena yang dihadapi oleh individu remaja menjelang dewasa adalah adanya masa transisi dari lingkungan sekolah ke lingkungan perkuliahan. Pada fenomena tarnsisi tersebut individu umumnya berhadapan dengan tantangan adaptasi yang melibatkan fungsi sosial mereka. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga sebanyak 165 subjek. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur college adjustment adalah skala Student Adaptation to College (SACQ) yang dikembangkan oleh Sabila (2016). Sedangkan alat ukur untuk mengukur status mental beresiko psikosis adalah skala Identifikasi Status Mental Beresiko yang dikembangkan oleh Ambarini (2016). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis uji korelasi Pearson. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat hubungan yang sedang antara college adjustment dengan status mental beresiko gangguan psikosis. Hubungan ini bersifat negatif yang artinya apabila nilai college adjustment tinggi maka status mental beresiko psikosis akan rendah, begitu pula sebaliknya.