PENGARUH PENGGUNAAN VISUAL SUPPORT TERHADAP PERBAIKAN KLINIS ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD) DI UNIT PELAYANAN TERPADU DAERAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (UPTD ABK) SIDOARJO

Main Author: Tiwik Koesdiningsih, 011529089302
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/82125/1/PPDS.IKJ.%2004-19%20Koe%20p%20Abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/82125/2/PPDS.IKJ.%2004-19%20Koe%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/82125/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang : Pada masa sekarang ini data dari Indonesia dan luar negeri menunjukkan pasien anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) semakin meningkat. Prevalensi ASD yang meningkat, kesadaran orang tua akan perlunya penegakan diagnosis secara dini, edukasi, penatalaksanaan maupun pelayanan kesehatan bagi anak dengan ASD menjadi meningkat pula. Anak dengan ASD lebih mudah belajar dengan penglihatan (visual learner) dan memiliki kemampuan memori visual yang lebih baik dan bertahan lama. Oleh karena itu visual support merupakan salah satu pilihan terapi untuk anak dengan ASD. Visual Support merupakan metode sebuah rangkaian proses penyampaian informasi atau pesan kepada pihak lain dengan penggunaan gambar benda atau bagian dari benda, foto dari suatu benda, tulisan kata yang terbaca oleh indra penglihatan. Metode visual support yang di gunakan dalam penelitian ini telah disesuaikan dengan budaya Indonesia. Tujuan : Membuktikan pengaruh penggunaan visual support terhadap perbaikan klinis anak dengan ASD. Metode : Penelitian ini adalah suatu studi observasional, untuk menilai pengaruh penggunaan visual support terhadap perbaikan klinis anak dengan ASD di UPTD ABK Sidoarjo. Penelitian dilakukan selam 3 bulan atau 12 kali visual support, yang dilakukan mulai bulan Maret sampai dengan Juni 2018. Tehnik pengambilan subyek penelitian secara Consecutive sampling, dilakukan pre-test dan post-test design. Alat ukur menggunakan CARS versi Bahasa Indonesia yang sudah dilakukan validasi. Hasil : Didapatkan hubungan bermakna antara visual support dan perbaikan gejala klinis (Nilai CARS) dengan nilai p<0,001. Simpulan : Pemberian visual support berpengaruh bermakna terhadap perbaikan klinis interaksi sosial, komunikasi (non verbal) dan psikomotor (terutama motorik kasar). Tidak untuk kesan umum dan tingkat konsistensi respon intelektual.