GOOD CORPORATE GOVERNANCE PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP 8 SURABAYA
Main Author: | SENO BHAGASKORO, 071411133029 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/82079/1/ABSTRAK_Fis.AN.03%2019%20Bha%20g.pdf http://repository.unair.ac.id/82079/2/FULLTEXT_Fis.AN.03%2019%20Bha%20g.pdf http://repository.unair.ac.id/82079/3/JURNAL_Fis.AN.03%2019%20Bha%20g.pdf http://repository.unair.ac.id/82079/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan prinsip Good Corporate Governance pada PT. Kereta Api Indonesia dengan menggungakan pedoman yang dikemukakakan oleh KNKG (Komite Nasional Kebijakan Governance). Adanya Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER- 01/MBU/2011 tentang Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance) maka BUMN di Indonesia diwajibkan menerapkan prinsip GCG. PT. Kereta Api Indonesia yang merupakan salah-satunya perusahaan kereta api mampu menunjukkan performa perusahaan dengan baik dan ditunjukkan melalui penghargaan-penghargaan yang diperoleh. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pengumpulan data juga mengkombinasikan data sekunder yang ada dan juga menarik kesimpulan. Teknik penetuan informan dilakukan dengan purposive samplingdandilanjutkan dengan teknik snowball. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Terdapat lima prinsip GCG yaitu transparansi, akuntabilitas, responbilitas, independensi dan kesetaraan. Untuk menilai penerapan GCG tersebut menggunakan pedoman yang dikemukakan oleh KNKG. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa prinsip transparansi yang paling dominan yang diterapkan oleh perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya laporan tahunan, e-office, website kai.id, KPI, PKB, dan UPG.