EFEKTIVITAS DIRECT INSTRUCTIONAL FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SIGHT WORD PADA ANAK DENGAN RETARDASI MENTAL RINGAN

Main Author: CITRAWANTI OKTAVIA, 111614153001
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/81717/1/abstrak1.pdf
http://repository.unair.ac.id/81717/2/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/81717/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Membaca merupakan salah satu keterampilan dasar yang wajib dikuasai oleh siswa dalam pendidikan termasuk siswa dengan retardasi mental ringan. Bagi siswa dengan retardasi mental ringan membaca bukanlah hal yang mudah karena keterbatasan kognitif yang dimilikinya namun di sekolah dasar metode mengajarkan membaca masih mengunakan metode yang seragam tanpa memperhatikan keterbatasan anak dengan retardasi mental ringan dan belum menggunakan strategi khusus untuk mengajar membaca siswa dengan retardasi mental ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas direct instructional flashcard untuk meningkatkan pembelajaran membaca sight word pada anak dengan retardasi mental ringan. Penelitian ini merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh Joseph dan Nist (2006) yang menunjukkan bahwa DI Flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca anak dikarenakan konsistensi dalam pengajaran yang diajarkan secara langsung, mengalami proses pengulangan yang eksplisit dan langsung mendapatkan koreksi ketika siswa membaca dengan tidak benar sehingga meningkatkan kemampuan membaca terutama dalam aspek kecepatan membaca dan akurasi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen one group pretest post test. Jumlah subyek dalam penelitian ini sebanyak empat orang siswa dengan retardasi mental ringan. Penelitian ini terdiri dari 15 sesi intervensi untuk mengajarkan 30 sight word. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi direct instructional flashcard efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca sight word siswa dengan retardasi mental ringan.